Tips Mengatasi Tubuh Mudah Lelah/Lemas

Posted : 17 Jun 2018 Health Last Updated : 17 Jun 2018

Tips Mengatasi Tubuh Mudah Lelah/Lemas – Mungkin ada sebagian di antara Anda saat bangun tidur merasa badan masih lelah dan merasa lemas untuk melakukan akativitas. Atau merasa mudah lelah saat bekerja. Hal ini tentu akan mempengaruhi kinerja Anda baik di tempat kerja maupun di lingkungan.

Ada beberapa faktor yang meneyebabkan tubuh mudah lelah/lemas, mulai dari kurangnya istirahat hingga adanya penyakit.

Berikut beberapa tips mengatasi tubuh mudah lelah/lemas.

Tips Mengatasi Tubuh Mudah Lelah/Lemas

Konsumsi Madu

Langkah pertama yang sering saya lakukan adalah meminum madu. Ambil 5 sendok makan madu (boleh madu apa saja) kemudian minum. Lakukan pada pagi setelah bangun tidur dan malam sebelum tidur.

Tips Mengatasi Tubuh Mudah Lelah - Madu
Ilustrasi Madu

Jika Anda tidak terlalu suka tekstur madu yang lengket bisa juga di campur dengan teh/susu hangat.

Madu sendiri kaya akan nutrisi yang baik bagi kesehatan. Madu terdiri dari karbohidrat kompleks seperti monosaccharides fructose (38.2%), glucose (31%) dan disaccharides (~9%). Dalam madu kaya akan enzim seperti invertase yang merubah sukrosa menjadi glukosa dan fraktosa. Belum lagi madu tinggi akan vitamin B, C dan sejumlah mineral seperti calcium, iron, zinc, potassium, phosphorous, magnesium, selenium, chromium and manganese. [1]

Cukup Istirahat

Salah satu faktor yang menyebabkan mudah lelah adalah kurangnya istirahat yang berkualitas. Yapp.. bukan hanya intensitas istirahat saja yang penting tapi kualitasnya pun juga penting.

Tips Mengatasi Tubuh Mudah Lelah/Lemas - Tidur
Tips Mengatasi Tubuh Mudah Lelah/Lemas – Tidur

Banyak yang tidur 6-8 jam per hari namun masih sering merasa lelah, hal ini karena meskipun ia tidur lama namun tidurnya tidak berkualitas. Bisa jadi lingkunganya terlalu bising, terlalu banyak pikiran atau karena faktor lain yang menyebabkan tidurnya tidak nyenyak.

Untuk itu cobalah untuk mendapatkan tidur yang cukup dan nyenyak. Selain itu bisa juga di tambah tidur siang. Tidur siang juga memiliki sejumlah dampat yang baik bagi kesehatan. [2]

Makan Makanan Bergizi

Penyebab lain dari mudah lelah/lemas adalah kurangnya asupan zat besi dan nutrisi yang lain sehingga tubuh kekurangan nutrisi. Salah satu efek dari kebiasaan ini adalah anemia yang di tandai dengan 5 L (lesu, lemah, letih, lelah, dan lalai).

Karena itu untuk mengatasinya makanlah makanan bergizi tinggi seperti buah dan sayur. Tambahkan juga makanan yang tinggi protein dan karbohidrat untuk mensuplai kebutuhan energi Anda.

Cukup Olah Raga

Olah raga juga memiliki pengaruh terhadap penyakit mudah lelah. Dengan berolahraga secara teratur metabolisme tubuh akan menjadi lancar, tubuh yang sering olahraga cenderung memiliki pola tidur dan pola makan yang baik sehingga kebutuhan akan nutrisi dan istirahatnya juga akan terjaga.

Olahraga ringan seperti berjalan santai sebenarnya sudah cukup. Namun jika Anda memiliki cukup banyak waktu saya sangat menyarankan untuk berlari atau berenang.

Demikian artikel singkat saya tentang tips mengatasi tubuh mudah lelah/lemas. Jika Anda memiliki pengalaman serupa dan punya tips lain silakan share via kotak komentar di bawah ya.

Vielen Dank. Wir sehen uns wieder.

Sumber gambar :

thecostaricanews.com

littleones.co

 

[1] : http://www.chm.bris.ac.uk/webprojects2001/loveridge/index-page3.html

[2] : http://www.dw.com/id/6-manfaat-tidur-siang/g-18659875

 

 

Leave a reply