Tips Mempercepat Website WordPress

Posted : 22 Dec 2019 SEO, Tech, Tips, Web, Wordpress, Wordpress Last Updated : 23 Dec 2019

Tips Mempercepat Website WordPress – WordPress salah satu content management system (CMS) yang sangat populer. WordPress di gunakan oleh 34 % website di dunia. [1]

Tips Mempercepat Website WordPress

Ada banyak faktor kenapa CMS ini begitu populer diantaranya :

  • Free & open source
  • Instalasi yang mudah
  • Aman
  • Tersedia berbagai theme dan plugin
  • Komunitas yang sudah terbentuk

Saat Anda membuat website terdapat satu hal yang sangat krusial dalam penilaian SEO (search engine optimization) yaitu kecepatan. Nah dengan wordpress hal ini dapat di lakukan dengan bantuan berbagai plugin yang tersedia yang kebanyakan dapat Anda gunakan secara gratis. Namun begitu dalam artikel ini tidak hanya berfokus pada plugin namun juga ke masalah server.

Berikut tips mempercepat website wordpress :

Pilih Hosting Yang Tepat

Pemilihan hosting yang tepat berperan sangat besar dalam kecepatan akses website wordpress Anda. Pilihlah hosting sesuai dengan target pengunjung Anda. Misalnya seperti ini, jika target pengunjung berasal dari Indonesia ada baiknya memilih hosting di Indonesia karena akan membuat time to first byte website lebih baik. Semakin rendah time to first byte menandakan website lebih responsive terhadap request.

Tips Mempercepat Website WordPress - TTFB
Tips Mempercepat Website WordPress – TTFB

Selain itu pilihlah hosting sesuai dengan jumlah pengujung. Jika jumlah pengunjung sudah lebih dari 10 ribu per hari lebih baik menggunakan VPS dari pada shared hosting. Selain resources yang lebih terjamin VPS juga membuat Anda dapat melakukan kustomisasi sehingga membuat website Anda dapat lebih banyak menampung pengujung.

Gunakan Theme Yang Ringan dan Mobile Friendly

Selanjutnya adalah menggunakan theme yang ringan dan mobile friendly. Hal ini penting mengingat banyak pengguna web bergeser ke smartphone. Dan website yang mobile friendly cenderung lebih di sukai dari pada website yang tidak mobile friendly. Theme yang ringan akan membuat loading website Anda lebih cepat. Kombinasi kecepatan dan mobile friendly sangat di pertimbangkan oleh mbah Google dalam melakukan ranking.

Tips Mempercepat Website WordPress - Mobile Friendly

Gunakan tools seperti Google Page Speed, GTMetrix atau Pingdom untuk mengecek kecepatan akses dan masalah pada theme yang Anda gunakan.

Pakai Metode Kompresi dan Cache

Dengan menggunakan kompresi dan cache akan sangat signifikan dalam meningkatkan kecepatan akses website. Terutama bagi website yang ramai. Pengunjung tidak perlu me-load script dan gambar yang sama berulang kali saat berpindah halaman. Hal ini sangat mengurangi waktu download dan pada akhirnya akan mempercepat akses website.

Pastikan web server Anda support kompresi dan cache, tanyakan pada penyedia hosting atau lakukan instalasi sendiri software cache dan kompresi (jika menggunakan VPS).

Gunakan plugin seperti Autoptimize, WP Super Cache atau WP Optimize untuk melakukan cache dan kompresi secara otomatis. Atau gunakan Redis jika server Anda support.

Gunakan CDN (Content Delivery Network)

Buat saya pribadi sangat menyarankan untuk menggunakan CDN. Cara kerja CDN adalah mencopy resource (gambar, css, js dll) dari server Anda ke pop up point mereka. Kemudian akan di kirimkan ke user resource terdekat saat mengakses website. Simpelnya begini, saat user dari Amerika mengakses website Anda resource seperti gambar, css dan js akan di download dari server CDN di Amerika sehingga proses download dan rendering akan berlangsung lebih cepat.

Ilustrasi cara kerja CDN dapat Anda lihat pada gambar di bawah ini.

Tips Mempercepat Website WordPress - CDN

Selain itu dengan adanya CDN juga menghemat resource server seperti RAM dan CPU karena setiap kali user mengakses website server tidak perlu mengirimkan file gambar, css dan js karena file ini sudah di kirim oleh server CDN sehingga resource server seperti RAM dan CPU lebih terjaga.

Ada banyak penyedia CDN seperti KeyCDN, Akamai, Cloudflare, MaxCDN, StackPath, BunnyCDN dll. Pilihlah sesuai dengan kebutuhan dan budget yang ada. Saya sendiri menggunakan BunnyCDN dan selama menggunakanya tidak ada masalah pada akses website saya.

Sumber :
[1] https://hostingtribunal.com/blog/wordpress-statistics/

Sumber gambar :
seoforgrowth.com
gtmetrix.com
keycdn.com
developers.google.com

Leave a reply