Statistik Senjata Nuklir Global 2018

Posted : 18 Jun 2018 Militer Last Updated : 19 Jun 2018

Statistik Senjata Nuklir Global 2018 – Senjata nuklir merupakan senjata yang menggunakan reaksi atom untuk menghasilkan ledakan. Senjata ini biasanya menggunakan Uranium maupun Plutonium sebagai bahan bakarnya. Reaksi fisi atom menghasilkan tenaga dan panas yang tinggi.

Statistik Senjata Nuklir Global 2018 Ilustrasi Senjata Nuklir
Statistik Senjata Nuklir Global 2018 Ilustrasi Senjata Nuklir

Senjata nuklir menjadi senjata andalan negara maju lantaran daya rusaknya yang tinggi sehingga menimbulkan efek deteren yang besar bagi musuh. Kita tentu masih ingat pengeboman yang di lakukan oleh Amerika pada kota Hiroshima dan Nagasaki di Jepang. Hanya dengan sebuah bom dapat menghancurkan sebuah kota besar dan membunuh puluhan ribu penduduknya, belum lagi efek dari radiasi yang membunuh ribuan lainya beberapa tahun kemudian.

Melihat hal ini tentu membuat negara lainya khawatir akan terjadinya perang nuklir.

Menurut data dari Stockholm International Peace Research Institute (SIPRI) per Januari 2018 masih terdapat lebih dari 14 ribu senjata nuklir dengan berbagai ukuran yang masih aktif. Senjata-senjata ini di miliki oleh 9 negara yaitu Amerika Serikat, Rusia, Inggris, Perancis, Cina, India, Pakistan, Israel dan Korea Utara.

Dengan banyaknya senjata nuklir yang masih aktif menunjukan keengganan dari negara pemilik senjata nuklir untuk memusnahkan (atau minimal menghentikan pembuatan) senjata nuklir mereka.

Dari sumber yang sama kepemilikan senjata nuklir terbesar di miliki oleh Rusia, di susul Amerika Serikat, Perancis, China, Inggris, Pakistan, India, Israel dan Korea Utara.

Statistik Senjata Nuklir Global 2018
Statistik Senjata Nuklir Global 2018

Federasi Rusia memiliki senjata nuklir sebanyak 6.850.

Amerika Serikat berada di posisi kedua dengan jumlah 6.450 senjata nuklir.

Di posisi ketiga ada Perancis dengan 300 senjata nuklir.

Cina berada di posisi keempat dengan arsenal nuklir berjumlah 280 unit senjata nuklir.

Inggris menempati posisi kelima dengan jumlah senjata nuklir 215 unit.

Pakistan berada di posisi keenam dengan jumlah antara 140-150 unit senjata nuklir.

Di posisi ketujuh ada saingan Pakistan yaitu India dengan 130-140 senjata nuklir

Israel berada di posisi ke delapan dengan 80 senjata nuklir.

Di posisi terakhir ada Korea Utara dengan 10-20 senjata nuklir.

Korea Utara beberapa tahun terakhir sering melakukan uji coba nuklir pada test site bawah tanah mereka, meskipun tanpa persetujuan PBB dan IAEA, dan menimbulkan konflik dengan negara tetangga mereka seperti Jepang dan Korea Selatan.

Namun terdapat kabar positif dengan adanya perundingan nuklir antara Amerika Serikat & Korea Utara dan di kabarkan Korea Utara setuju untuk menghentikan uji coba nuklir mereka.

Sumber gambar :

sott.net

dw.com

Leave a reply