Spesifikasi dan Harga Nokia 5 Indonesia

Posted : 23 Oct 2017 Gadget, Review Last Updated : 22 Dec 2019

Spesifikasi dan Harga Nokia 5 Indonesia – Nokia telah kembali dari masa tidurnya dengan menelurkan beberapa seri smartphone mereka. Setelah di akuisisi oleh HMD Global dari Microsoft, Nokia bangkit untuk mengejar ketertinggalan mereka.

Spesifikasi dan Harga Nokia 5 Indonesia 02 - www.dedyprastyo.com
Spesifikasi dan Harga Nokia 5 Indonesia

Setelah vakum cukup lama, Nokia akhirnya melucurkan varian smartphone Android mereka sendiri. Nokia meluncurkan Nokia 3, Nokia 5 dan Nokia 6. Selain ketiga smartphone tersebut Nokia juga tengah menggarap Nokia 8.

Setelah sebelumnya saya mereview harga dan spesifikasi Nokia 3. Kali ini saya akan mereview spesifikasi dan harga Nokia 5 di Indonesia.

Nokia 5 di tujukan untuk mengisi pasar level menengah di Indonesia. Dari spesifikasi Nokia 5 tidak terlalu mentereng. Dari fitur-fiturnya pun juga terbatas. Namun bagi Anda yang ingin bernostalgia dengan handphone Nokia, saya rasa Nokia 5 dapat mengobati rasa kangen Anda dengan brand smartphone yang satu ini.

Spesifikasi Hardware

Spesifikasi Software

Tanggal Rilis

Harga

Kesimpulan

Spesifikasi dan Harga Nokia 5 Indonesia

Spesifikasi Hardware

Layar

Nokia 5 di bekali dengan layar IPS LCD Touchscreen berukuran 5.2 inchi (74.5 cm2) yang dapat menampilkan 16 juta warna. Dengan layar IPS ini Nokia 5 memiliki resolusi 720 x 1280 pixel yang dapat menampilkan video full HD.

Layar Nokia 5 juga telah di lengkapi dengan pelindung corning gorilla glass yang membuat layarnya tahan goresan. Selain itu layar Nokia 5 juga memiliki fitur Polarized yang membuat Anda dapat membaca text dengan jelas meskipun berada di bawah sinar matahari langsung.

Dapur pacu

Untuk urusan performance sebenarnya Nokia 5 sudah cukup bagus. Dengan processor Cortex-A53 yang memiliki 8 inti (Octa core) berkecepatan 1.4 GHz serta RAM 2 GB, Nokia 5 sudah lebih dari cukup untuk menjalankan aplikasi sehari-hari.

Nokia 5 juga telah di benamkan Chipset Qualcomm MSM8937 Snapdragon 480 dan GPU (Graphic Processing Unit) Adreno 505.

Penyimpanan

Untuk masalah penyimpanan Nokia 5 memiliki penyimpanan internal dengan kapasitas 16 GB. Jika di rasa kurang masih dapat di upgrade dengan microSD berkapasitas maksimum 256 GB.

Kamera

Masalah potret memotret Nokia 5 juga tidak terlalu buruk. Dengan kamera utama yang beresolusi 13 MP dapat menghasilkan jepretan gambar yang cukup bagus. Kamera utama juga di lengkapi dengan lampu flash untuk mengambil foto dalam kegelapan. Kamera depan bersolusi 8 MP sudah lebih dari cukup kalau hanya untuk berselfie ria.

Jaringan

Nokia 5 telah mendukung jaringan 4G LTE Cat4 150/50 Mbps. Selain itu Nokia 5 juga support jaringan 2G, 3G dan EDGE (di saat jaringan 4G tidak ada).

Untuk komunikasi dengan perangkat lain, Nokia 5 telah di lengkapi dengan Bluetooth v4.1 yang support A2DP dan Wi-Fi. Nokia 5 juga telah mendukung GPS dan USB OTG (On The Go).

Fitur lain

Selain fitur di atas Nokia juga memiliki sensor fingerprint, accelerometer gyroscope, sensor proximity dan kompas.

Spesifikasi Software


Untuk masalah software, Nokia 5 tidak berbeda dengan Nokia 3. Sistem operasi Android 7 (Nougat) menjadi Sistem Operasi Nokia 5. Nokia sendiri telah menyatakan bahwa mereka akan secara teratur memberikan update pada smartphone Android mereka dan merencanakan untuk mengupgrade ke Android 8 (Oreo).

Tanggal Rilis


Nokia 5 di perkenalkan ke publik bulan Februari 2017 dan di rilis ke pasar sekitar 5 bulan kemudian yakni di bulan Juli 2017. Nokia 5 pertama kali tersedia untuk pasar Cina. Untuk pasar Indonesia sendiri Nokia 5 sudah tersedia di gerai resmi (online maupun offline) Erafone dan merchan lainya.

Harga Nokia 5


Di pasar global Nokia 5 di jual di kisaran harga 189 Euro atau sekitar 3 jutaan. Untuk pasar Indonesia, harga tidak terpaut jauh meskipun pemerintah mengharuskan 30 komponen dari smartphone yang masuk adalah buatan lokal. Belum lagi pajak masuk ke Indonesia.
Nokia 5 di jual dengan harga Rp. 2.899.000 Rp. 1.599.000 di distributor resminya (Erafone). Nokia 5 tersedia dalam warna yakni biru, silver, hitam dan keemasan.

Spesifikasi dan Harga Nokia 5 Indonesia 01 - www.dedyprastyo.com
Spesifikasi dan Harga Nokia 5 Indonesia

Kesimpulan


Untuk ukuran smartphone kelas menengah Nokia 5 memiliki spesifikasi yang tidak terlalu tinggi jadi jangan berharap terlalu banyak terhadap smartphone ini. Namun Nokia memiliki kelebihan yakni desain body yang boleh di bilang bagus dengan body full aluminium yang di balut layar berkualitas baik. Selain itu Nokia 5 cocok bagi Anda yang ingin bernostalgia dengan masa lalu Nokia. Demikian artikel tentang Spesifikasi dan Harga Nokia 5 Indonesia. Jika Anda merasa informasi yang ada kurang akurat dapat menambahkan lewat kotak komentar di bawah.

Semoga bermanfaat. 😀

Spesifikasi Nokia 5

Body : Alumuium body, Front Glass
Layar : 5.2 inchi IPS LCD capacitive touchscreen dengan resolusi 720 x 1280 pixel
Dapur Pacu : Prosessor Octa-core 1.4 GHz Cortex-A53 + chipset Qualcomm MSM8937 Snapdragon 430 + GPU Adreno 505
Memory : RAM 3 GB
Penyimpanan : 16 GB
Kamera Utama : 13 MP (f/2.0, 1/3″, 1.12 µm), autofocus, LED flash, kualitas video 1080p @30fps
Kamera Sekunder : 8 MP (f/2.0, 1.12 µm)
Konektivitas : Dual SIM, 4G LTE, Micro USB (v 2.0), Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, GPS, NFC & Bluetooth 4.1 A2DP
Sensor : Fingerprint, accelerometer, gyroscope, proximity & kompas
Baterai : Non-removable Li-Ion 3000 mAh
OS : Android 7.1.1 (Nougat)
Warna : Tempered Blue, Silver, Matte Black, Copper
Harga : Rp. 2.899.000 (Erafone)

Sumber gambar :

nokia.com

Di update 15/11/2018

4 comments
  1. ulasannya bagus,mungkin di sektor harga ditambahkan untuk wilayah mana+ up date bulan dan tahun.

Leave a reply