Perbedaan Hepatitis dan Pengobatanya

Posted : 15 Dec 2019 Health Last Updated : 15 Dec 2019

Perbedaan Hepatitis dan Pengobatanya – Hepatitis merupakan penyakit akibat infeksi virus ataupun paparan zat kimia yang merusak organ hati. Penyakit ini akan menyebabkan peradangan di organ hati. Jika tidak di tangani akan berpotensi menyebabkan sirosis (pengerasan) hati yang berujung pada kerusakan hati.

Perbedaan Hepatitis dan Pengobatanya

Jenis Hepatitis

Hepatitis memiliki beberapa varian, seperti hepatitis A, hepatitis B, hepatitis C, hepatitis D, hepatitis E dan hepatitis G.

Hepatitis A

Hepatitis A di sebabkan oleh virus hepatitis A (HAV). Media penyebaran biasanya lewat makanan dan air yang telah tercemar oleh virus. Jenis hepatitis ini biasanya menyebar di tempat yang tidak menjaga higienitas makanan dan air. Seperti kasus hepatitis yang menyerang puluhan siswa di Depok beberapa waktu yang lalu.

Hepatitis B

Penyakit hepatitis B di sebabkan oleh infeksi virus hepatitis B (HBV). Hepatitis B menular lewat kontak cairan tubuh penderita seperti lewat darah, cairan vagina atau sperma. Penularan hepatitis B dapat terjadi oleh ibu pengidap kepada bayi yang di kandungnya.

Menurut WHO, di kutip dari Centers for Disease Control and Prevention [1], di perkirakan terdapat 257 juta penderita hepatitis B di seluruh dunia.

Hepatitis B tergolong jenis hepatitis yang berbahaya karena dapat menyebabkan sirosis hati dan berakibat kanker hati. Namun hepatitis B relatif mudah di kendalikan dengan vaksin.

Hepatitis C

Hepatitis C di sebabkan oleh virus hepatitis C. Media penularanya sama seperti hepatitis A dan B yaitu melalui darah, sperma dan cairan vagina. Hepatitis C dapat menyebabkan sirosis hati yang dapat berujung pada kematian.

Menurut Centers for Disease Control and Prevention [1] terdapat 71 juta penderita hepatitis C di seluruh dunia.

Hepatitis D

Hepatitis D merupakan stage kelanjutan dari hepatitis B. Hepatitis D umumnya terjadi pada penderita hepatitis B yang tidak tertangani dengan baik. Hepatitis D sangat jarang terjadi pada orang tanpa hepatitis B sebelumnya. Hepatitis D menular lewat kontak dengan cairan tubuh seperti darah dan cairan kelamin atau vagina.

Hepatitis E

Varian terakhir dari hepatitis adalah hepatitis E. Hepatitis E menyebar lewat kontaminasi air minum.

Pencegahan dan Pengobatan

Langkah terbaik untuk mencegah hepatitis adalah dengan melakukan vaksinasi hepatitis. Langkat lain adalah dengan menjaga pola hitup sehat seperti :
1. Olahraga rutin
2. Hindari begadang
3. Hindari merokok dan alkohol
4. Jangan menggunakan obat-obatan (narkoba)

Sumber :
1. https://www.cdc.gov/features/worldhepatitisday/index.html
2. https://www.cdc.gov/features/worldhepatitisday/index.html

Sumber gambar :
cdc.gov

Leave a reply