Penyebab Harga Bitcoin Terus Turun

Posted : 27 Nov 2018 Ekonomi, Internet, Tech Last Updated : 27 Nov 2018

Penyebab Harga Bitcoin Terus Turun – Harga bitcoin terus merosot sejak awal tahun 2018. Setelah mengalami booming harga pada 18 Desember 2018 yang pada saat itu satu bitcoin di hargai USD 19.064 kini harganya tidak lebih dari USD 3.775 per bitcoin.

Penyebab Harga Bitcoin Terus Turun
Penyebab Harga Bitcoin Terus Turun

Penyebab Harga Bitcoin Terus Turun

Tren penurunan ini terjadi di karenakan sejumlah faktor, seperti :

1. Tidak Ada Regulasi

Sebagian besar transaksi bitcoin tidak memiliki regulasi yang baik. Karena tidak ada regulasi kemungkinan terjadi manipulasi juga tinggi. Hal ini membuat bitcoin menjadi instrumen yang tidak aman bagi para investor, karena itu banyak investor yang menjual kembali bitcoin yang mereka miliki.

2. Campur Tangan Pemerintah

Sebagai salah satu media transaksi bitcoin menjadi salah satu yang tidak dapat di atur oleh pemerintah. Hal ini membuat mata uang kripto ini tidak di sukai oleh pemerintah. Selain membuat pemerintah kehilangan kontrol terhadap transaksi juga karena mata uang ini rawan di salah gunakan untuk tindakan kriminal seperti pencucian uang, tindakan terorisme dll.

Karena itu sejumlah pemerintah membatasi bahkan melarang penggunaan bitcoin dalam transaksi di negaranya seperti : China, Rusia, Islandia, Maroko, Kyrgizstan, Bolivia, Bangladesh, Nepal, Arab Saudi dll.

3. Komunitas Bitcoin Yang Mulai Retak

Seperti di ketahui bitcoin menggunakan algoritma tertentu untuk menghasilkan mata uangnya. Semakin kuat komunitas, semakin banyak permintaan (demand) maka akan semakin tinggi pula nilai mata uang kripto ini.

Namun selama beberapa tahun terakhir komunitas bitcoin mulai retak. Mereka mulai menciptakan software baru yang memiliki aturan yang berbeda dari komunitas sebelumnya.

4. Campur Tangan Regulator

Salah satu hal yang membuat nilai tukar bitkoin melambung adalah kegiatan Initial Coin Offering (ICO) hal ini mirip dengan Initial Public Offering (IPO) pada perusahaan yang merilis saham pada lantai bursa.

ICO memungkinkan start up untuk mendapatkan dana segar tanpa adanya regulasi dari regulator. Hal ini berlawanan dengan hukum karena itu sejumlah perusahaan yang melakukan ICO telah mendapatkan sanksi dari regulator. Karena itu sejumlah perusahaan tidak menggunakan bitcoin dalam transaksi keuangan mereka.

5. Tidak Efektif

Trend penggunaan bitcoin memang berkembang, namun perkembangan ini cenderung lambat. Hanya sejumlah negara (komunitas) yang menggunakan bitcoin sebagai media pembayaranya. Selain jumlah merchan yang menerima bitcoin sedikit, infrastrukturnya pun belum berkembang secara matang.

Selain itu isu pada volatilitas bitcoin (naik turunya nilai tukar bitcoin) juga menjadikan bitcoin rawan untuk di simpan dan di koleksi.

Kombinasi dari kelima hal tersebut di atas membuat harga bitcoin terus merosot hingga ke titik USD 3.775 per bit coin. Saya pribadi masih wait and see pada instrumen pembayaran yang satu ini, apalagi sebagai media investasi.

Penyebab Harga Bitcoin Terus Turun - www.dedyprastyo.com
Penyebab Harga Bitcoin Terus Turun

 

Sumber gambar :

ccn.com

coinmarketcap.com

Leave a reply