Pengertian Liabilitas

Posted : 26 Aug 2018 Ekonomi Last Updated : 26 Aug 2018

Pengertian Liabilitas – Bagi yang sedang belajar ilmu ekonomi / akuntansi pasti tidak asing lagi dengan liabilitas (serapan dari bahasa Inggris – Liabilities). Sebenarnya apa sih yang di maksud liabilitas ini?

Pengertian Liabilitas
Pengertian Liabilitas

Pengertian liabilitas secara umum

Liabilitas berarti hutang. Secara umum liabilitas adalah hutang yang harus di bayar atau di lunasi oleh satu pihak (peminjam) kepada pihak lain (debitur). Biasanya liabilitas memiliki jangka waktu pelunasan yang di atur dan di sepakati oleh pihak yang terkait. Liabilitas berbanding terbalik dengan aset dimana aset merupakan sesuatu yang di miliki, sedangkan liabilitas adalah sesuatu yang harus di lunasi.

Pengertian liabilitas oleh para ahli

Munawir (2004) : Hutang adalah semua kewajiban keuangan perusahaan kepada pihak lain yang belum terpenuhi, dimana utang ini merupakan sumber dana atau modal perusahaan yang berasal dari kreditor.

Nurwahyudi dan Mardiyah (2004) : Hutang adalah pengorbanan ekonomi yang harus dilakukan perusahaan di masa yang akan datang karena tindak atau transaksi sebelumnya.

Jusuf (2001) : Hutang adalah kewajiban suatu perusahaan yang timbul dari transaksi pada waktu lain dan harus dibayar dengan kas, barang dan jasa di waktu yang akan datang.

Kesimpulan

Liabilitas dapat di sebut juga hutang. Liabilitas merupakan kewajiban yang harus di bayar atau di lunasi oleh peminjam dengan para debiturnya. Liabilitas dari jangka waktu pelunasanya terbagi menjadi 2 jenis yaitu liabilitas jangka pendek dan liabilitas jangka panjang.

 

Sumber gambar :

informationng.com

Leave a reply