Oppo Selip Samsung Di Pasar Smartphone

Posted : 17 Nov 2019 Android, Gadget, Tech Last Updated : 17 Nov 2019

Oppo Selip Samsung Di Pasar Smartphone – Setelah merajai pasar smartphone selama beberapa tahun terakhir kini saatnya dominasi Samsung di ganti oleh pesaingnya, bukan LG ataupun Apple tapi Oppo.

Oppo selip Samsung di pasar smartphone.

Oppo telah menjadi salah satu pemain utama dalam persaingan smartphone dan berhasil menjungkalkan dominasi Samsung di pasar perangkat low end (kelas bawah) dan mid end (kelas menengah). Kunci dari keberhasilan Oppo dalam merebut dominasi Samsung adalah dengan melakukan rilis perangkat baru dengan cepat. Update yang cepat ini membuat Samsung kewalahan. Alhasil Samsung harus merelakan posisinya di ambil oleh Oppo dan bertengger di posisi ketiga.

Oppo berada di posisi pertama dengan market share 26.2 %, sementara posisi kedua di tempati oleh Vivo dengan market share 22.8 %. Samsung berada di posisi ketiga dengan pangsa pasar sebesar 19.4 %. Posisi keempat dan kelima di tempati oleh Realme dan Xiaomi dengan market share masing-masing sebesar 12.6 % dan 12.5 %. Sedangkan market share sebesar 6.5 % di tempati oleh brand lain seperti Apple, Lenovo, Nokia, Motorola dll.

Berikut peringkatnya.

BrandMarket Share
Oppo26.2 %
Vivo22.8 %
Samsung19.4 %
Realme12.6 %
Xiaomi12.5 %
Brand lain6.5 %

Melihat trend kedepanya sepertinya dominasi Samsung akan terus tergerus oleh smartphone dengan spesifikasi yang sama dengan harga yang lebih murah. Mengingat penetrasi pasar yang masih terbuka ada di pasar mid end dan low end, jika brand besar tidak bisa menarik pasar yang gemuk ini mereka akan terus tergusur.

Sumber :

IDC

Sumber gambar :

oppo.com

Leave a reply