Mentalitas Kepiting

Posted : 18 Jun 2020 Improvement, Psikologi Last Updated : 21 Nov 2020

Mentalitas Kepiting – Kepiting hewan kategori atropoda ini memang cocok di bahas, apalagi kalau sudah matang di atas piring. Tapi bukan itu yang ingin saya bahas kali ini, melainkan sifatnya yang kadang di tiru manusia.

Memangnya ada sifat kepiting yang di tiru manusia? Ada dong, namanya mentalitas kepiting (crab mentality).

Pengertian mentalitas kepiting atau crab mentality atau crabs in a bucket. - www.dedyprastyo.com
Pengertian Mentalitas Kepiting

Crab mentality atau crabs in buket atau mentalitas kepiting merupakan sifat dari seseorang atau sekelompok orang (kolektif) dimana saat ada satu orang berusaha maju untuk meraih cita-citanya (sedikit mendramatisir sih ini) di jegal oleh orang lain. Orang yang menjegal biasanya memiliki pengalaman buruk dengan kegagalan atau tidak ingin orang lain lebih berhasil dari dirinya.

“If I can’t have it, neither can you”

Hal ini mirip dengan kepiting di dalam ember. Saat sejumlah kepiting di tangkap dan di letakkan di dalam ember dan ada satu kepiting yang berusaha naik untuk keluar dari ember kepiting lain akan berusaha menarik kepiting tersebut supaya gagal naik dan keluar dari ember.

Sayangnya penyakit ini banyak menjangkiti warga +62. Saat ada rekan / teman mereka yang sedang berusaha naik kelas mereka akan menjegal baik secara halus maupun secara kasar supaya rekan mereka gagal seperti mereka.

Cara halus dari perkataan :

“Tidak usah banyak berkhayal, orang kecil seperti kita bisa apa?”

“Tidak usah sekolah tinggi-tinggi, toh cewek nasibnya di dapur”

“Kenapa sih kerja keras? Yang penting kan bisa makan dan hidup”

Dan banyak hal yang di katakan oleh orang dengan mentalitas kepiting ini dengan tujuan supaya orang lain gagal. Mereka berprinsip (meskipun tidak di ungkapkan) “Jika saya tidak bisa maka Anda juga pasti tidak bisa. Jika saya gagal maka Anda juga harus gagal”.

Jika menemui tipikal orang seperti ini lebih baik di jauhi atau paling tidak abaikan. Mereka menjadi orang yang toxic untuk di jadikan partner dalam menggapai cita-cita Anda.

Sumber gambar :
worldpulse.com

Leave a reply