Jenis Fintech Yang Ada Di Indonesia

Posted : 15 Nov 2018 Ekonomi, Keuangan, Tech Last Updated : 22 Nov 2018

Jenis Fintech Yang Ada Di Indonesia –¬†Akhir-akhir ini kita sering mendengar istilah-istilah seperti payment gateway, e-wallet, fintech dll. Istilah ini mungkin terdengar asing di telinga sebagian orang. Mungkin juga bagi Anda. Lalu apakah sebenarnya fintech, payment gateway dan teman-temanya ini?

Jenis Fintech Yang Ada Di Indonesia - www.dedyprastyo.com
Jenis Fintech Yang Ada Di Indonesia

Dalam artikel jenis fintech yang ada di Indonesia ini saya akan menerangkan sedikit tentang istilah dan jenis fintech yang akhir-akhir ini sering kita dengar.

Apa itu fintech?

Online Lending

Wealth Management

Social Crowdfunding

Digital Wallet

Payment Gateway

Jenis Fintech Yang Ada Di Indonesia

Apa itu fintech?


Pertanyaan ini merupakan pertanyaan pertama yang banyak di tanyakan oleh pengguna awam. Banyak di antara kita yang masih bingung dengan istilah ini. Lalu apa sebenarnya fintech itu?

Secara simpelnya fintech dapat di artikan sebagai suatu carauntuk melakukan transaksi keuangan dengan di bantu dengan teknologi informasi. Dengan menggunakan bantuan teknologi informasi ini transaksi keuangan dapat di lakukan secara realtime dimana pun dan kapanpun dengan biaya yang murah.

Banyak model bisnis yang di hasilkan dari fintech ini. Mulai dari bisnis yang sebelumnya blm ada atau benar-benar baru hingga bisnis lama yang bertransformasi mengikuti pasar yang kian dinamis.

Online Lending


Salah satu bisnis yang berkembang pesat akhir-akhir ini adalah peminjaman dana berbasis online (online lending). Tidak seperti peminjaman dana konvensional dimana peminjam harus datang ke kantor untuk melakukan berbagai pendaftaran dan verifikasi, pada online lending ini pengguna cukup mengunjungi website atau mengunduh aplikasi untuk kemudian mengisi sejumlah form agar dapat melakukan pinjaman. Proses dari pendaftaran hingga approval sendiri tidak memakan waktu lama, bahkan kadang hanya butuh beberapa menit.

Selain membuka peluang untuk melakukan pinjaman secara cepat, platform ini juga dapat di gunakan untuk melakukan investasi. Yang paling umum adalah P2P (peer to peer) lending. Dengan model ini seorang dengan uang dapat (kreditur) meminjamkan uangnya kepada orang lain (debitur) dengan bunga yang dia tentukan. Seseorang dapat memberikan bungan sesuka hatinya, mulai dari 2, 5 hingga 10 %. Namun investasi ini cukup beresiko mengingat tidak ada agunan / jaminan pada model ini.

Wealth Management


Wealth management merupakan jasa pengelolaan keuangan dan kekayaan. Cakupan pekerjaanya seperti memanajemen keuangan, investasi dll.

Dengan semakin berkembangnya teknologi, kini proses wealth management bukanlah sesuatu yang rumit lagi (tidak serumit dulu).

Namun untuk memilih agen wealth management juga terkadang cukup sulit. Jangan mudah percaya pada agen yang hanya menawarkan paket tanpa menanyakan informasi finansial Anda secara cermat. Karena pada dasarnya wealth management adalah seorang dokter yang ingin membantu Anda untuk sembuh dari penyakit dan selayaknya seorang dokter, ia akan menanyakan keluhan Anda sebelum memberikan resep.

Social Crowdfunding


Fintech ini merupakan perusahaan yang menjembatani penggalangan dana untuk tujuan sosial. Untuk dapat melakukan penggalangan dana ada 3 pihak yang saling bekerja sama yaitu supporter yaitu pihak yang memberikan dana, penyedia platform crowdfunding yang menjembatani penggalangan dana dan pihak yang menerima dana yang sudah terkumpul.

Digital Wallet


Digital wallet menjadi salah satu bidang fintech yang juga berkembang pesat (selain online lending & payment gateway). Fintech ini menyediakan aplikasi yang berguna untuk menyimpan uang secara digital dimana uang ini dapat di gunakan untuk melakukan pembelian maupun pembayaran pada platform yang bekerja sama dengan mereka.

Dengan digital wallet ini pengguna dapat melakukan pembayaran secara lebih cepat, cukup scan barcode dan pembayaran sudah selesai. Beberapa digital wallet yang mungkin sudah sering Anda pake seperti Go-Pay, OVO & T-cash.

Payment Gateway


Saat ini beli apapun dapat di bayar dengan cepat dan mudah. Cukup ke ind*mart atau lewat smartphone dan barang yang Anda beli ataupun tagihan yang ingin Anda bayar sudah terbayarkan. Semua ini karena berkembangnya teknologi fintech payment gateway.

Payment gateway singkatnya merupakan sistem transaksi online yang memproses perijinan penggunaan akun keuangan seperti kartu kredit maupun debit untuk melakukan pembayaran secara online.

Dengan adanya fintech ini sangat memudahkan karena untuk melakukan pembayaran dapat di lakukan dimana saja dan kapan saja. Selain itu fee (biaya) yang di bebankan juga relatif kecil.

 

Sumber gambar :

cio.com

Leave a reply