Harga dan Spesifikasi Nokia 3 Indonesia

Posted : 15 Oct 2017 Gadget, Review Last Updated : 22 Dec 2019

Harga dan Spesifikasi Nokia 3 Indonesia – Nokia telah merilis jajaran smartphone berbasis Android mereka. Setidaknya mereka telah merilis 3 type smartphone yaitu Nokia 3, Nokia 5 dan Nokia 6. Tidak seperti saat Nokia masih dalam kendali Microsoft yang mana menggunakan Android custom, kali ini Nokia menggunakan pure Android ke dalam smartphone keluaran mereka.

Harga dan Spesifikasi Nokia 3 Indonesia - www.dedyprastyo.com
Harga dan Spesifikasi Nokia 3 Indonesia

Kali ini saya akan membahas harga dan spesifikasi Nokia 3, entry smartphone dari Nokia. Di antara ketiga smartphone yang di keluarkan oleh Nokia, Nokia 3 merupakan smartphone dengan spesifikasi dan harga termurah. Selain itu dari segi bahan yang di pakai pun Nokia 3 tergolong yang paling jelek (Nggak jelek-jelek banget sih, setidaknya masih lebih bagus dari smartphone buatan China).

Spesifikasi Hardware

Software

Tanggal Rilis

Harga

Kesimpulan

 

 

Harga dan Spesifikasi Nokia 3 Indonesia

Spesifikasi Hardware

Layar

Pada bagian layar, Nokia 3 memiliki layar touchscreen berukuran 5 inchi berteknologi IPS LCD yang di lengkapi dengan corning Gorilla Glass yang mampu menampilkan gambar beresolusi 720 x 1280 piksel.

Dapur Pacu

Seperti yang saya katakan sebelumnya, Nokia memiliki spesifikasi hardware yang lebih rendah dari 2 saudaranya yaitu Nokia 5 dan Nokia 6.

Nokia 3 di bekali dengan chipset Mediatek MT6737 dan prosessor Quad core Cortex-A53 dengan kecepatan inti 1.4 GHz. Untuk RAM yang di miliki sudah tergolong lumayan yaitu 2 Gigabyte. Agar menunjang pemprosesan grafis, Nokia 3 juga di bekali dengan GPU Mali-T720MP1.

Penyimpanan

Untuk media penyimpanan smartphone ini memiliki penyimpanan internal sebesar 16 GB dan slot micro SD yang dapat menampung hingga 256 GB.

Kamera

Sementara pada kamera sudah tertanam kamera beresolusi 8 Mega Pixel pada bagian depan dan belakang. Kamera belakang memiliki tambahan flash yang berguna untuk mengambil gambar pada kondisi temaram (minim cahaya). Kedua kamera dapat merekam video dengan kualitas 720p.

Jaringan

Konektivitas pada Nokia 3 tergolong cukup bagus. Nokia 3 mendukung semua koneksi mulai dari 2G, 3G hingga 4G LTE.

Selain itu Nokia 3 juga mendukung koneksi Wireless 802 b/g/n, Bluetooth A2DP 4.0 dan micro USB (Nokia 3 juga sudah support USB On The Go) untuk berkomunikasi dengan perangkat lain.

Nokia 3 tersedia dalam varian single sim dan dual sim.

Software


Untuk masalah software sepertinya Nokia sudah benar-benar dapat move on dari Microsoft :D. Tidak seperti Nokia X yang menggunakan Android custom yang cenderung aneh dan nyleneh, Nokia 3, Nokia 5 dan Nokia 6 sudah menggunakan pure Android.

Versi Android yang di pakai Nokia 3 saat di rilis sudah Android 7.0 alias Android Nougat. Pada laman resminya Nokia berjanji akan mensupport smartphone mereka dari segi software update. Jadi tidak perlu khawatir smartphone /anda akan menjadi ketinggalan update.

Tanggal Rilis


Nokia 3 di perkenalkan bulan Februari 2017 yang lalu dan di rilis bukan Juni di tahun yang sama. Di Indonesia sendiri Nokia 3 baru tersedia pada awal bulan Oktober 2017 (telat :D). Sementara untuk Nokia 5 dan Nokia 6 sudah tersedia di pasar Indonesia pada akhir Oktober 2017.

Harga


Nokia 3 di bandrol dengan harga sekitar Rp. 1.8 – 1.9 juta rupiah untuk harga barunya di tahun 2017. Sementara untuk 2018 ini di jual di kisaran harga Rp. 1.1 juta rupiah.

Kesimpulan


Nokia 3 yang di luncurkan bulan Juni 2017 merupakan smartphone entry level dari Nokia. Dengan harga yang relatif murah, smartphone ini berusaha menarik simpati masyarakat pada produk smartphone Nokia. Sepertinya Nokia ingin mengulang kejayaan mereka di masa lalu.

Nokia 3 Smartphone White - www.dedyprastyo.com
Harga dan Spesifikasi Nokia 3 Indonesia

Spesifikasi yang di tawarkan pun tidak begitu mentereng, standar lah untuk ukuran smartphone level entry. Tapi mengingat nama besar Nokia sepertinya soal kualitas tidak perlu di ragukan.

Leave a reply