Google Akan Menutup Layanan Hangout Pada 2020

Posted : 01 Dec 2018 Tech Last Updated : 01 Dec 2018

Google Akan Menutup Layanan Hangout Pada 2020 – Raksasa teknologi, Google, kembali menutup salah satu layanan mereka yaitu Google Hangout. Penutupan ini merupakan penutupan kedua setelah sebelumnya Google menutup layanan sosial media mereka yaitu Google Plus.

Google Akan Menutup Layanan Hangout Pada 2020 - www.dedyprastyo.com
Google Akan Menutup Layanan Hangout Pada 2020

Sebelumnya Google telah mengumumkan pengutupan Google Plus pasca terbongkarnya masalah keamanan pada aplikasi besutan mereka tersebut. Celah keamanan ini membuat sejumlah developer dapat mengakses data pribadi user yang menggunakan plugin buatan mereka.

Terkait penutupan Hangout ini menurut 9to5google.com di karenakan Google ingin lebih fokus untuk mengembangkan aplikasi serupa namun untuk kebutuhan bisnis. Karena itu Google akan mengehentikan semua support untuk aplikasi chatting ini. Masih dari sumber yang sama, Google baru akan menghentikan secara total support Hangout pada tahun 2020.

Jika Anda sudah terlanjur ‘naksir’¬†dengan aplikasi yang satu ini, Anda masih dapat menggunakanya setelah tahun 2020 namun untuk itu Anda harus berlangganan layanan GSuites. Dimana dalam GSuites Anda akan menemukan Hangout Chat & Hangout Meet yang keduanya secara khusus di tujukan untuk memudahkan komunikasi dan kolaborasi antar tim seperti halnya pada aplikasi Slack.

Atau jika Anda tidak ingin membayar, Anda dapat menggunakan aplikasi pengganti Hangout seperti Google Duo, Whatsapp maupun Skype (saya lebih prefer Skype untuk video call).

Google sendiri sering melakukan eksperiment dengan meluncurkan sejumlah project. Namun tidak semua project dapat di terima pasar. Dan menurut saya cukup logis bagi Google untuk menutup project atau aplikasi yang tidak ‘laku’ dan fokus pada produk yang lebih ‘laku’ dan di butuhkan.

 

Sumber gambar :

jezebel.com

Leave a reply

CONNECT & FOLLOW

NEWSLETTER

Enter your email address below to subscribe to my newsletter

Quote

The real test is not whether you avoid this failure, because you won’t. It’s whether you let it harden or shame you into inaction, or whether you learn from it; whether you choose to persevere.

— Barack Obama