Cara Mengatasi Cetakan Epson LX-310 Putus-Putus

Posted : 23 Dec 2019 Hardware, Tech, Tips Last Updated : 23 Dec 2019

Cara Mengatasi Cetakan Epson LX-310 Putus-Putus – Printer dotmatrix sangat sering di jumpai baik di industri maupun di minimarket. Selain harga yang murah printer jenis ini relatif kuat dan minim perawatan. Selain itu spare partnya juga dapat di temui dengan mudah.

Cara Mengatasi Cetakan Epson LX-310 Putus-Putus
Cara Mengatasi Cetakan Epson LX-310 Putus-Putus

Salah satu masalah yang sering muncul dengan printer dotmatrix adalah hasil cetakan yang putus-putus. Ada 3 penyebab masalah ini, pertama jarum di head ada yang patah, lalu flexibel rusak terakhir port usb atau board yang rusak.

Hasil cetakan putus-putus pada dotmatrix Epson LX-310
Hasil cetakan putus-putus pada dotmatrix Epson LX-310

Untuk mengetahui pertama coba bongkar head dan amati apakah ada jarum yang rusak atau patah. Jika iya segera ganti dengan head yang baru. Di market place harga head ini berkisar 300 – 500 ribu.

Hasil cetakan putus-putus pada dotmatrix Epson LX-310 dapat di akibatkan jarum pada head yang patah / hilang.

Jika head sudah di ganti tapi masih putus coba ganti fleksibel yang tertancap di head. Fleksibel ini di jual dengan harga Rp. 10.000 – 20.000 di tokopedia / bukalapak.

Kabel flexible / fleksibel pada printer dotmatrix Epson LX-310. Fleksibel / flexible ini di jual Rp. 10.000 hingga Rp. 20.000 di marketplace.
Flexible Epson LX-310

Jika fleksibel dan head sudah di ganti namun hasil cetakan masih putus-putus kemungkinan terburuk kerusakan terjadi pada hardware yaitu di port USB atau boardnya. Mau tidak mau harus di ganti. Untuk harganya sendiri lumayan mahal, sekitar 600 ribuan. Atau jika Anda punya dasar elektronik dapat mencoba untuk mengganti port USB secara manual (kalau bisa sih) tapi saya sendiri lebih suka mengganti beserta boardnya.

Main board pada printer dotmatrix LX-310. Harga per unit main board ini berkisar Rp. 300.000 hingga Rp. 500.000.

Jika cara di atas masih tidak bisa mengatasi problem hasil cetakan putus-putus coba ganti kabel USB atau cek port USB di PC.

Semoga bermanfaat.

Leave a reply