10 Senjata Rusia Yang Paling Mematikan

Posted : 22 Nov 2017 Informasi, Internasional Last Updated : 23 Nov 2017

10 Senjata Rusia Yang Paling Mematikan – Rusia di kenal sebagai negara dengan kekuatan militer yang besar. Setidaknya militer Rusia termasuk dalam 3 besar kekuatan militer terkuat di dunia, bersaing dengan Amerika dan Cina.

Dan dalam militer tentu tidak dapat di pisahkan dari senjata. Kali ini sayak akan berbagi informasi daftar 10 senjata Rusia yang paling mematikan.

10 Senjata Rusia Yang Paling Mematikan

1. Rudal Kalibr

10 Senjata Rusia Yang Paling Mematikan - Rudal Kalibr
10 Senjata Rusia Yang Paling Mematikan – Rudal Kalibr

Yang pertama adalah rudal jelajah Kalibr (versi Rusia 3M-54 Калибр, versi NATO SS-N-27). Rudal jelajah buatan Russia ini merupakan salah satu rudal yang paling mematikan yang di miliki oleh militer Rusia. Rudal Kalibr memiliki jangkauan hingga 4000 KM dengan kecepatan saat terbang hingga Mach 3. Selain itu rudal yang dapat di luncurkan dari darat, laut maupun udara ini dapat terbang rendah untuk menghindari deteksi radar.

Rudal Kalibr merupakan hasil dari Biro Desain Novator yang mulai membuat rudal jelajah ini pada tahun 1990-an. Rudal ini selain dapat membawa hulu ledak konvensional juga dapat membawa hulu ledak nuklir.

2. Tank T-90S

10 Senjata Rusia Yang Paling Mematikan - Tank T-90S
10 Senjata Rusia Yang Paling Mematikan – Tank T-90S

Tank juga merupakan salah satu senjata milik Rusia yang di takuti. Salah satu karakteristik tank Rusia (dan juga senjata Rusia yang lainya) adalah desain yang simpel, harga yang murah namun tetap efektif di medan tempur.

Tank T-90S merupakan upgrade dari versi sebelumnya yakni T-72 (sebenarnya setelah varian T-72 ada T-80 namun T-80 di anggap produk gagal). T-90S mulai di produksi tahun 1993 dan tetap di gunakan sampai sekarang. Tank ini memiliki mesin V-84MS berbahan bakar diesel yang membuat tank ini memiliki jangkauan hingga 550 KM.

Tank T-90S memiliki meriam utama berkaliber 125 mm dan dua senapan mesin berkaliber 7.62 mm dan 12.7 mm.

3. Sistem Anti-Rudal S-500

10 Senjata Rusia Yang Paling Mematikan - S-500
10 Senjata Rusia Yang Paling Mematikan – S-500

S-500 merupakan sistem anti ruda terbaru milik Rusia dan merupakan pengganti sistem lama, S-400. Sistem anti-rudal buatan Almaz-Antey ini memiliki jangkauan hingga 600 KM yang terbang di ketinggian 40 KM.

Sistem anti-rudal ini di desain untuk menghancurkan target yang terbang mulai dari pesawat, drone hingga rudal hypersonic. Sistem S-500 dapat melacak hingga 10 target secara bersamaan dan meluncurkan rudal untuk menghancurkan target tersebut.

4. Rudal Topol-M

10 Senjata Rusia Yang Paling Mematikan - Topol-M
10 Senjata Rusia Yang Paling Mematikan – Topol-M

Salah satu senjata yang sangat di takuti oleh lawan Rusia adalah rudal Topol-M. Rudal dengan panjang 22.7 meter ini memiliki jangkauan hingga 11.000 KM yang dapat menjangkau seluruh negara di peta dunia.

Rudal yang di namai SS-27 Sickle-B oleh NATO ini dapat membawa hulu ledak dengan berat 1.2 ton (daya ledak 550 KT). Rudal hasil pengembangan dari rudal Topol ini telah di adopsi secara luas oleh pasukan misil strategis Rusia. Terhitung per 2017 ada 78 rudal Topol-M yang di gunakan oleh Rusia yang terdiri dari 60 rudal berbasis silo dan 18 rudal berbasis mobile.

5. Sukhoi PAK-FA T-50

Selain rudal dan kapal, pesawat buatan Rusia juga tergolong mutakhir. Selain MiG-29, Sukhoi SU-27 dan Sukhoi SU-35 kini Rusia juga tengah mengembangkan varian baru yakni PAK-FA T-50.

Fitur utama pada pesawat ini adalah stealth (fitur siluman) yang membuat pesawat ini termasuk pesawat generasi ke 5(seperti F-22 Raptor dan F-35 Lightning II. Pesawat ini nantinya akan berada di layanan pada tahun 2018, menggantikan SU-35 yang mulai usang.

6. Rudal Balistik Antar-Benua Bulava

10 Senjata Rusia Yang Paling Mematikan - Rudal Bulava
10 Senjata Rusia Yang Paling Mematikan – Rudal Bulava

Bulava merupakan rudal balistik antar benua berbasis kapal selam (Submarine Base Intercontinental Ballistic Missile). Rudal dengan kode NATO SS-N-32 ini memiliki jangkauan 9.000 KM.

Yang membuat rudal ini menakutkan adalah hulu ledak nuklir yang di bawanya dan kemampuan untuk dapat di luncurkan dari kapal selam yang membuatnya sulit di lacak. Rudal Bulava dapat membawa 6 hulu ledak nuklir dengan daya ledak 150 kilo ton setiap hulu ledaknya.

7. Sukhoi SU-35

10 Senjata Rusia Yang Paling Mematikan - Sukhoi SU-35
10 Senjata Rusia Yang Paling Mematikan – Sukhoi SU-35

Sukhoi telah lama menjadi tulang punggung pertahanan angkatan udara Rusia. Salah satu pesawat Sukhoi yang paling banyak di gunakan oleh angkatan udara Rusia saat ini adalah SU-35.

SU-35 memiliki fitur siluman yang cukup baik, namun masih belum sebaik F-22 Raptor. Sukhoi menyatakan bahwa SU-35 masuk dalam kategori pesawat generasi 4++.

Pesawat dengan jangkauan maksimum 4.500 KM ini dapat membawa beban dengan berat maksimum hingga 8 ton. Senjata yang dapat di bawa seperti rudal R-77, R-73E dan senapan mesin.

8. Kapal Selam Kelas Amur

10 Senjata Rusia Yang Paling Mematikan - Amur Class Submarine
10 Senjata Rusia Yang Paling Mematikan – Amur Class Submarine

Dari segi kapal selam Rusia memiliki banyak tipe kapal selam, salah satunya adalah kapal selam kelas Amur. Kapal selam dengan nama ekspor Lada ini merupakan kapal selam bermesin diesel-elektrik terbaru milik angkatan laut Rusia.

Kapal selam kelas Amur memiliki kecepatan maksimum hingga 37 kilometer per jam dan memiliki jangkauan hingga 5.600 KM.

Kapal selam ini dapat membawa hingga 16 torpedo dan 10 VLS (Vertical Launching System).

9. Rudal Hypersonic P-800

10 Senjata Rusia Yang Paling Mematikan - Yakhont
10 Senjata Rusia Yang Paling Mematikan – Yakhont

Rudal P-800 merupakan rudal anti-kapal yang paling mematikan saat ini. P-800 mulai beroperasi tahun 2000 ini banyak di ekspor ke berbagai negara dengan nama ekspor Yakhont dan BrahMos (India).

Salah satu yang membuat rudal ini mematikan adalah kemampuan dalam mencari dan menghantam target. Rudal ini memiliki Circular Error Probable (CEP) yang hanya 1.5 meter. Membuatnya sangat menakutkan untuk kapal manapun.

10. Rudal Iskander-K

10 Senjata Rusia Yang Paling Mematikan - Iskander-K
10 Senjata Rusia Yang Paling Mematikan – Iskander-K

Selain rudal balistik antar benua (Intercontinental Ballistic Missile), angkatan bersenjata Rusia juga memiliki rudal jarak menengah seperti rudal Iskander-K.

Rudal ini di buat berdasarkan desain RK-55 dari era Soviet. Rudal Iskander-K memiliki jangkauan 500 KM, sedikit lebih jauh dari rudal Iskander-M.

Rudal Iskander-K dapat membawa hulu ledak konvensional hingga 500 KG atau hulu ledak nuklir dengan daya ledak hingga 50 kilo ton.

Demikian artikel 10 Senjata Rusia Yang Paling Mematikan. Jika Anda menemukan ketidakakuratan data atau kekurangan dalam artikel ini silakan hubungi penulis via kotak komentar.

Sumber gambar :

Rudal Kalibr : fas.org

Tank T-90S : www.army-technology.com

S-500 : wikipedia.org

Topol-M : upi.com

SU-35 : ausairpower.net

Bulava : army-news.ru

Amur : sputniknews.com

Iskander-K : militaryrussia.ru

Leave a reply